Obyek Wisata di Banyumas Akan Dibuka Kembali

Lokawisata Baturraden

Infowisata.coid, Purwokerto
- Sejak mewabahnya pandemi virus corona  (Covid-19) di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah, sejumlah obyek wisata mengalami penutupan. Termasuk obyek wisata milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas yakni UPT Lokawisata Baturraden. 

Namun, ada kabar gembira bahwa dalam waktu dekat ini mereka tengah merencanakan untuk membuka kembali sejumlah obyek wisata.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), Asis Kusumandani menerangkan, soal dibukanya kembali obyek wisata, pihaknya tengah melakukan kajian terlebih dahulu, terkait protokol yang ada.

“Baturraden ini kan SOPnya nanti jelas, seperti tiketing, pedagangnya juga. Kita ada himbau tertulis serta pengeras suara secara terus menerus,” kata dia, Rabu (3/6/2020).

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah mengadakan simulasi terhadap petugas maupun pedagang yang berada di Lokawisata Baturraden, dimana mereka harus bisa mengikuti prosedur yang ada untuk menerima para pengunjung.

“Petugas di sini harus menggunakan masker, sarung tangan, face shield, begitu pula para pedagangnya, ada jarak yang harus dipatuhi saat melayani pembeli,” ujarnya.

Menurutnya, selain protokol kesehatan tersebut, ada juga peraturan baru, yakni penggunaan e-money. Dimana pengunjung yang masuk hanya diperbolehkan menggunakan e-money untuk pembayaran tiket maupun pembelian makanan.

“Kita sudah bekerjasama dengan sejumlah bank dan pihak lainnya terkait pembayaran masuk ke UPT Lokawisata Baturraden. Kemarin menurut pak bupati, kalau tidak menggunakan itu ya sudah tidak usah masuk tidak apa,” kata dia.

UPT Lokawisata Baturraden dan sejumlah obyek wisata lainnya memang tutup selama lebih dari dua bulan, setelah wabah Covid-19 menyerang Kabupaten Banyumas. 

Tepatnya tutup sejak tanggal 16 Maret 2020. Sehingga banyak kerugian yang diterima, lantaran jika biasanya pada hari menjelang maupun sesudah lebaran menjadi hari panen mereka. (*)
Categories:
Similar Movies