Historis Asal Usul Marelan


Batas Kelurahan Tanan Enam Ratus di Medan Marelan.

Hai sobat info wisata! Medan Marelan adalah salah satu Kecamatan yang berada di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Mau tau asal usul Medan Marelan? Yuk disimak sob!

Sejarah Kota Medan dan sekitarnya ternyata tidak bisa dipisahkan dari sejarah Kesultanan Deli dan perkebunan-perkebunan asing pada zaman itu. 

Berawal pada saat Jacobus Nienhuys seorang keturunan Belanda, yang pertama kali membuka wilayah perkebunan di wilayah Deli. 

Pada tahun 1863 Nienhuys dan wakil-wakil perusahaan dagang J.F. van Leeuwen & Co (yakni perusahaan tembakau Belanda di Surabaya pada zamannya) datang ke Deli bersama Said Abdullah Ibnu Umar Bilsagih, yakni ipar dari Sultan Deli. Nienhuys mendapat konsesi dari Sultan Deli untuk membangun perkebunan tembakau.

Sobat info wisata, meskipun pada zaman itu perkebunan tersebut hampir gagal, namun dari hasil panen tembakau pertama kali yang dikirim ke Belanda pada Maret 1864, kualitasnya begitu memuaskan. Sungguh luar biasa ya Sob. 

Pada tahun 1869 Nienhuys bersama P.W. Janssen, dan C. G. Clemen, bekerjasama membentuk perseroan terbatas yang dikenal dengan nama Deli Maatschappij.

Penasaran Sob, apa itu Deli Maatschappij? Mari sobat info wisata melanjutkan membaca artikel ini.

Deli Maatschappij adalah perusahaan pertama di Deli yang pada saat itu dikembangkan oleh para pedagang dan pemilik perkebunan. 

Selain itu sob, Badan Perusahaan Dagang Belanda milik Raja Willem dengan nama Netherland Handels Maatschappij turut ikut menanamkan modalnya 50 persen pada Deli Maatschappij.

Ternyata bukan hanya Belanda, pada zaman tersebut berbagai negara datang diantaranya Amerika, Inggris, Jerman, Swiss, Perancis, Polandia, Ceko dan Belgia ikut menanamkan modalnya di Deli Maatschappij.

Hingga pada tahun 1871, Deli Maatschappij terdapat 40 saham kesertaan orang-orang dari Eropa di perkebunan Deli. 

Di Deli Maatschappij, komoditas yang ditanam tidak hanya tembakau. Seiring berjalannya waktu pada era tersebut, Deli Maatschappij berkembang ke komoditas lain seperti karet, kopi, lada, pala, kelapa sawit, dan teh.

Berkembangnya perkebunan-perkebunan tersebut, hingga ada yang diberi nama dengan istilah lokal seperti Onderneming Mabar, Klambir Lima, Sampali dan Maryland.

Maryland sendiri merupakan nama salah satu Negara Bagian Amerika Serikat yang konon merupakan koloni Inggris. Nama perkebunan Maryland atau Maryland Estate inilah yang akhirnya menjadi nama daerah Marelan.

Dirk A. Buiskool dalam artikelnya "A plantation city on the east coast of Sumatra 1870-1942" menyebutkan bahwa Maryland merupakan salah satu perkebunan di sekitar Medan dengan nama Inggris.

Jadi sobat info wisata, jangan sampai salah ya. Asal-usul nama Marelan berasal dari "Maryland".

Tidak hanya Marelan, daerah lain yang namanya berasal dari nama perkebunan asing yakni, Helvetia yang berasal dari kata Helvetica (Swiss), Polonia dari Polandia, serta Tanjung Morawa dari Murava (Ceko).

Ups,! tunggu dulu sobat info wisata, yuk disimak kelanjutan artikel ini.

Pada tahun 1992, masa Wali Kota Medan dijabat oleh Bachtiar Ja'far, Marelan dijadikan nama salah satu Kecamatan di Kota Medan. Saat itu, Kecamatan Medan Marelan dibentuk sebagai Kecamatan yang baru di Kota Medan.

Dasar hukumnya adalah Peraturan Pemerintah (PP) No. 35 tahun 1992, yang ditetapkan tanggal 13 Juli 1992. Isinya mengatur tentang pembentukan 18 kecamatan di Provinsi Sumatera Utara. Selain Medan Marelan, Kecamatan yang dibentuk di Kota Medan pada saat itu adalah Kecamatan Medan Perjuangan.

Jadi, itu sobat info wisata! historis asal usul Medan Marelan. 

Dikompilasikan oleh Ridwan dari Blog Orang Labuhan dan berbagai sumber. Bertujuan mempublikasikan sejarah asal-usul Medan Marelan.
Categories:
Similar Movies