Sashimi Ala Sumatera Utara? Dekke Na Niura Sehat dan Segar

Dekke Na Niura salah satu kuliner khas Tapanuli.

Bagi kamu para pecinta kuliner rasanya tidak afdal bila melewatkan sajian khas nusantara. Apalagi kalau itu adalah salah satu makanan khas Sumatera utara. 

Provinsi yang beribukota Medan ini memang terkenal dengan berbagai sajian kuliner yang begitu lezat, salah satunya Dekke Na Niura yang akrab terdengar Sashimi Ala Batak.

Asal Usul Dekke Na Niura

Ikan Mas Na Niura

Dahulu kala, masakan asal Tapanuli ini dikhususkan untuk para raja, salah satunya adalah Raja Sisingamangaraja. 

Tidak semua orang boleh memasak Naniura, hanya tukang masak kerajaan saja yang boleh memasaknya.  

Akan tetapi, semakin berkembangnya zaman dan rasanya yang sangat unik dan begitu khas di lidah, semua orang Batak sangat ingin mencoba masakan Naniura ini. 

Na Niura dalam bahasa Batak artinya ikan yang tidak dimasak melalui api, namun baik dan enak dimakan.

Bahkan pada saat ini, dikarenakan bumbu khasnya yaitu “andaliman” (Bumbu Asli Batak) banyak para wisatawan baik lokal maupun domestik bahkan para wisatawan asing selalu mencari masakan asal Tapanuli ini setiap berkunjung ke beberapa daerah di Sumatera Utara.

Ikan Na Niura ini mirip dengan masakan Jepang, seperti Sashimi dan Ceviche dari Peru. Hal ini karena makanan tersebut tidak melalui proses memasak melalui api, seperti biasanya.

Naniura adalah ikan yang di asami. Namun, ikan tersebut dapat dinikmati, karena rendaman asam jungga yang tentunya secara kimiawi, dapat mengubah ikan mentah menjadi tidak berbau amis.

Lokasi Yang Menyediakan Dekke Na Niura

Dekke Na Niura Sashimi Ala Sumatera Utara.

Kuliner khas Tapanuli ini banyak tersedia di beberapa tempat di Sumatera Utara. Terutama di beberapa tempat wisata yang menyebar di pinggiran Danau Toba. 

Bukan hanya itu saja, banyak juga rumah makan khas Batak di kota Balige hingga Tarutung dan sekitarnya yang menyediakan masakan khas asal Tapanuli ini.

Bahkan, di Pulau Samosir, seperti Tuk-tuk ada beberapa rumah makan khas Batak yang menyediakan Na Niura, dan mengijinkan pengunjung untuk melihat bagaimana proses pembuatan Na Niura tersebut.

Resep Masakan Dekke Na Niura

Pengolahan Dekke Na Niura

Ikan yang dapat dihidangkan menjadi naniura adalah ikan mas, ikan mujahir atau bahkan ikan Batak (ikan Ihan/ikan jurung).

Untuk bumbu lainnya, hampir sama dengan bumbu masak biasa seperti, kemiri yang dibakar, bawang putih, bawang merah, lada, jahe, kunyit ditambah dengan cabai. Asamnya yang membuat matang dan bumbunya yang mengatur segala rasa.

Kalau di beberapa kota besar seperti Medan dapat dicari di Pajak Melati atau PAMELA, dan di Jakarta dapat dicari di Pasar Senen. 

Asam ini juga harus ada, karena tidak bisa diganti dengan asam apapun atau rasa ikan dapat menjadi pahit.

Bahan dan Bumbu Dekke Na Niura

Bunga Honje

Tertarik untuk membuat sendiri? Kalau tertarik, berikut bantuan bumbu untuk kamu yang pemula,

1. 1 kilogram Ikan mas/ikan mujahir/ikan jurung segar.
2. 3 buah Asam jungga atau 10 buah jeruk nipis (ambil sarinya).
3. 1 sendok makan Andaliman (bisa beli di kios bahan masakan batak).
4. 100 gram Kemiri, lalu di sangrai
5. 5 centimeter Lengkuas lalu parut dan ambil airnya.
6. 10 centimeter Kunyit 
7. 2 bunga Rias (kecombrang/honje), kukus sampai empuk.
8. 10 siung Bawang merah.
9.  6 siung Bawang putih.  
10.100 gram cabe merah keriting.
11. Garam secukupnya.

Cara Membuat Dekke Na Niura

Bumbu yang sudah dihaluskan.

Untuk menyajikan masakan khas asal Tapanuli ini bukanlah hal yang rumit. Oleh karena namanya adalah Ikan Na Niura, ikan ini serupa tapi tidak sama dengan ikan lainnya yang sering ditemukan di tempat makan lainnya. 

Begitupun cara masaknya yang berbeda yaitu dimasak tanpa dimasak (yang berarti tidak memerlukan api) seperti pada umumnya.

Bersihkan ikan mas dari sisiknya. Filet ikan mas untuk mengambil dagingnya. Untuk kepala ikan mas sesuai selera. Jika suka bisa dibelah dua dan pastikan bersih dari isi kepala. Tiriskan sampai benar-benar kering dan sisihkan.

Goreng kunyit, bawang merah dan bawang putih hinga matang, lalu sisihkan.

Diulek ataupun blender seluruh bumbu (andaliman, kemiri, bahan digoreng, cabe merah) dengan sedikit air hingga halus.

Bila sudah halus, campur dengan air jeruk nipis dan sari lengkuas. Tambahkan garam secukupnya.

Balurkan seluruh ikan dengan bumbu. Bila masih tersisa lebih bagus lagi kalau ikan sampai terendam oleh bumbu.

Kemudian, diamkan dan tutup selama minimal 5 jam, untuk mematangkan daging ikan dan bumbu meresap.

Setelah semua selesai, sajikan bersama nasi panas. Selamat mencoba!

Manfaat Bagi Kesehatan

Andaliman yang masih segar dan bunga honje baik untuk kesehatan.

Selain proses pembuatan, rasa, dan aromanya yang khas, kandungan gizi yang terdapat di dalam dekke Na Niura juga menjadi penarik tersendiri.

Dari satu ekor ikan mas yang akan diolah menjadi naniura, hanya 80 persen bagian dari ikan mas yang dapat dimakan karena 20 persen lainnya bagian yang tidak dapat dimakan seperti kepala, ekor dan duri. 

Dari 80 persen bagian ikan mas yang dapat dimakan tersebut terkandung zat gizi per 100 gram sebagai berikut, energi 85 kal, protein 16 gram, lemak 2 gram, karbohidrat 0 gram, kalsium 20 gram, fosfor 150 miligram, besi 2 miligram, vitamin A 47 RE, vitamin B1 0,05 miligram, vitamin C 0 miligram, dan air 80 gram.

Selain itu, ikan air tawar seperti ikan mas memiliki komposisi asam amino yang lengkap dan mengandung lemak yang kaya akan asam lemak tak jenuh jamak atau polyunsaturated fatty acids (PUFA).

Asam lemak tak jenuh jamak yang banyak terdapat pada ikan mas adalah asam lemak omega-3, terutama eikosapentanoat/EPA dan asam dokosaheksanoat/DHA. EPA dan DHA menyediakan perlindungan terhadap berbagai keadaan, seperti peredaran darah, emosional, kekebalan, dan sistem saraf.

Omega-3 juga dapat mencegah pengerasan arteri, menurunkan kadar trigliserida, dan juga mengurangi kekentalan yang menyebabkan penggumpalan platelet dalam darah. Asam lemak tak jenuh jamak penting lainnya yang terdapat pada ikan mas adalah asam linolenat dan asam linoleat.

Dikompilasikan oleh Ridwan Fahlevi dari berbagai sumber yang layak dipercaya.
Categories:
Similar Movies