7 Tempat Kuliner Legendaris di Medan Yang Tak Boleh Dilewatkan

Salah satu makanan legendaris di Medan.

Berburu kuliner di Medan tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat kuliner legendarisnya. Di tempat kuliner legendaris itu kamu menjumpai sajian kuliner yang telah populer di Medan sejak puluhan tahun lalu. Tentu jadi pengalaman berkesan jika kamu dapat menyantap kuliner legendaris tersebut.

Berikut ini beberapa tempat kuliner legendaris di Medan yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Rumah Makan Islam Marikena
Sejak 1962 rumah makan ini menjual makanan khas Karo-Melayu seperti, arsik dan ayam cipera. Sesuai namanya tentu saja makanan ditempat ini dijamin halal.

“Biring, apa sih menu khas di Marikena?”
“Ayam Cipera dan Ayam Petai, Nak ku. Pakai ayam kampung. Ikan Mas Arsik juga.”

Sebenarnya menu yang dijual di kedai nasi ini tidak banyak macamnya. Selain menu standar seperti tauco dan sayur jipang, makan di sini so pasti wajib memesan menunya yang terkenal, yaitu Ayam Cipera dan Ayam Petai, keduanya menggunakan ayam kampung yang jarang dijumpai di rumah makan di Medan pada umumnya.

Setiap harinya, kesibukan dapur sudah dimulai sejak pukul 06.00 - 07.00 Wib. Anggota keluarga Biring akan standby untuk mulai memasak dan nenek Biring yang mengontrol langsung penggunaan bumbu-bumbu masaknya. 

Sekitar pukul 10.00 - 11.00 Wib biasanya menu masakan sudah selesai dimasak dan dibawa ke rak depan untuk dijual, terutama untuk diborong para driver ojol yang sudah mengantri di samping kedainya.

Rumah Makan Marikena.

Sekilas, Ayam Cipera penampilannya mirip gulai kari ayam, tapi bedanya menu tradisional Karo ini tidak menggunakan santan sehingga sausnya cenderung lebih encer dari gulai.

Warna kuning dan teksturnya diperoleh dari serutan tepung jagung dan rempah-rempah, seperti bawang, serai, dan lainnya. Rasanya sendiri asin gurih, pas banget disantap bersama nasi.

Sementara bagi kamu pecinta Petai, you should try cita rasa ayam kampung yang dimasak dengan sambal tomat dan petai yang segar, gurih, dan nge-blend dengan petainya. Mantul pokoknya!

Ayam gorengnya juga enak, apalagi kalau bumbu serundengnya dicampur bersama sambal tomat dan nasi hangat.

Selain ayam, menu Ikan Mas Arsiknya yang dimasak dengan andaliman dan asam cakalang juga nggak kalah sedap.


Masakan di Marikena

Setelah makan, jangan lupa untuk pesan sebotol Air Nira dinginnya yang dikirim langsung dari Sibolangit. Manis dan menyegarkan rasanya! 

Karena Marikena adalah rumah makan Muslim, tentu saja minuman ini non-alkohol. Persediaannya juga terbatas dan biasanya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi lagi lewat dari sehari.

Rumah Makan Islam Marikena juga menjual berbagai hidangan lain cepat saji, seperti ayam bakar, ikan bakar, telur dadar, dan aneka gulai.

Rumah Makan Islam Marikena beralamat di Jalan Jamin Ginting Nomor 94, Kwala Bekala Padang Bulan Medan. Untuk harganya, berkisar Rp 50.000 untuk dua porsi, tergantung pilihan lauk makan.

2. Mie Sop Methodist
Salah satu warung makan mie sop ternama di Kota Medan adalah Mie Sop Methodist yang buka sejak 1970-an.

Mau coba nikmati kelezatan rasanya? Hidangan satu ini adalah mie putih (bihun) yang disiram kuah kaldu sapi keruh dengan aneka jeroan sapi yang empuk, irisan daging sapi, dan tentunya bakso.

Kok namanya Mie Sop Methodist? Ternyata, lokasi warung ini dulu di sekitaran Universitas Methodist Indonesia.

Warung Mie Sop/Bakso Methodist.

Bagi kamu yang belum pernah kesini tetap bakal dikasih tau juga kok. Jadi, dalam seporsi Mie Sop + Bakso Methodist ada mie yang bisa dipilih mau bihun, kwetiau, dan mie kuning. 

Kemudian ada 3 butir bakso sapi kecil, dengan tauge, dan terakhir adalah potongan daging sapi yang banyak sampai memenuhi mangkuk.



Bakso Methodist

Nah, untuk harga seporsinya masih sama yaitu Rp.30.000. Sedangkan untuk minuman, selain air mineral dan teh botol disini kalian bisa pesan es lengkong yang harganya hanya Rp.5.000 segelas.

Kini, warung yang berjualan buka pukul 08.00 hingga 17.30 Wib ini sudah pindah dan eksis tepat di sebelah Taman Beringin, Jalan T. Cik Ditiro Medan, tidak begitu jauh dari tempat lamanya.

Jadi kalau mau berkunjung, pastikan jangan kemalaman kalau tidak mau kecewa. Selamat mencoba ya.


3. Bihun Bebek Asie Kumango
Jika kamu mengaku pecinta kuliner dan pernah singgah ke Medan Sumatera Utara, sudah pasti kamu pernah mendengar nama Bihun Bebek Asie yang terletak di Jalan Kumango.


Sejak tahun 1930, rumah makan ini terkenal akan hidangan bihun bebeknya yang lezat, meskipun sedikit menguras kantong. Tapi, jangan biarkan harganya yang di atas rata-rata tersebut membuat kamu ragu untuk mencicipi makanan ini. Percayalah, tiap rupiah yang kamu keluarkan dijamin setimpal dengan rasa yang didapatkan.


Rumah makan Bihun Bebek Asie Kumango.

Kebanyakan rumah makan di Medan hanya menawarkan bihun bebek herbal karena relatif lebih mudah dalam segi pengolahan. 


Namun, tidak demikian halnya dengan Bihun Bebek Asie. Demi kepuasan pelanggan, tempat ini juga menyediakan bihun bebek yang disajikan dengan kaldu bebek. 



Bihun Bebek Asie Kumango.


Proses memasaknya jelas lebih sulit, karena membutuhkan waktu yang lebih lama dan memerlukan lebih banyak daging bebek untuk menciptakan kuah yang kental, namun tidak amis.


Rumah makan ini buka mulai Senin hingga Sabtu pukul 06.30 - 23.00 Wib. Sementara untuk harga bihun bebek Rp 70.000 per porsi.


Ayo buruan! Kunjungi rumah makannya di Jalan Kumango No. 15 Medan. 


4. Sate Memeng 
Kalau ngomongin sate di Medan, Sate Memeng paling legendaris. Sate Memeng yang berawal dirintis oleh H. Muhammad Saimin (Memeng) sejak tahun 1945, yupz! tahun merdekanya Republik Indonesia.


Nama Memeng sendiri berasal dari panggilan Saimin semasa muda.



Lokasi Warung Sate Memeng.


Sate Memeng terletak di Jalan Irian Barat No. 1G di depan gedung Uniland Medan. Kelezatan dan ketenarannya bertahan puluhan tahun hingga saat ini. Pastinya kita tahu, hal itu menunjukkan kualitas rasa yang tetap dijaga oleh keturunan Haji Memeng.


Sakin terkenalnya sate ini di Kota Medan, pengelola dalam sehari menghabiskan sekitar 70 kilogram daging sate. 


Untuk saat ini harga seporsi sate dengan isi 5 tusuk sate sebesar Rp. 28.000, sangat wajar jika dibandingkan dengan rasa yang akan kamu dapatkan.


Mampir kesini tentunya akan membawa kesan tersendiri dong. Di kalangan orang tua yang tinggal di Kota Medan pada tahun 1980 - 1990-an, tentu Sate Memeng menjadi saksi bisu sebagai tempat alternatif kunjungan muda-mudi di zaman itu.



Sate Memeng.

Eksistensi Sate Memeng sebagai jawaban lidah warga Kota Medan yang cukup diacungi jempol.


Sate yang satu ini memiliki ciri khas dengan potongan dagingnya yang besar-besar dan tebal serta bumbu pada satenya meresap.


Disini, kamu bisa memilih sate daging sapi, ayam, hati, usus atau campur. Bumbu atau kuah satenya juga bisa dipilih antara sambal kacang, kecap atau kuah sate padang.


Ups tunggu dulu? Ternyata selain menjual sate, di sini juga menjual Mie Rebus Khas Memeng dengan harga Rp 17.000 per porsi.


Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner bersejarah ini silahkan datang pada pukul 18.00 - 01.00 Wib setiap harinya.


Tapi kalau kamu ingin mencicipi di Malam Minggu, awas kehabisan ya? Sate Memeng sering ludes lebih awal pada akhir pekan.


5. Pokat Kocok Simpang Glugur
Sering jumpa penjual pokat kocok di sekitar Kota Medan? Udah pernah atau belum nyobain pokat kocok Bu Lia yang berada di simpang glugur Medan? 


Pokat Kocok Bu Lia terkenal lezat, bahkan orang rela antrean hanya untuk mendapatkan segelas ataupun dua gelas pokat kocok yang enak ini. Tergantung selera, mau pakai es ataupun tidak.


Tampilan yang super sederhana ternyata menyajikan rasa yang nikmat. Pokat kocok simpang Glugur Medan ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1968 yang lalu, udah pada lahir atau belum?



Warung Pokat Kocok Simpang Glugur.


Jajanan kaki lima yang digandrungi warga kota Medan tersebut, menyulap rasa pokat (alpukat) biasa menjadi "wah".


Pokat kocok yang berada di Jl. KL. Yos Sudarso tepat di perempatan Glugur di sebelah pos Polisi ini bisa dikatakan adalah pionirnya perpokat kocokan di Kota Medan.


Meski kaki lima, namun harus diakui kelezatan es pokat kocok simpang glugur ini cukup fenomenal.



Pembuatan Pokat Kocok.


Uniknya, buah alpukat tidak dihancurkan pakai blender, melainkan dikocok dengan alat kocok kue. Seru banget ya!


Dulu, sistem penjualan pokat kocok Glugur masih sangat tradisional, kamu harus sabar mengantri tanpa kejelasan kapan harus mendapatkan pesanan yang kamu punya. 


Akan tetapi sekarang pelayanan udah mulai meningkat, pemilik usaha sudah memberlakukan nomor antrian, tapi tetap aja kamu harus nunggu lama.



Es Pokat Kocok.


Setiap harinya penjualan pokat kocok minimal 100 kilogram buah pokat. Jika buah yang didapat dari supplier cuma 30 kilogram, maka pemilik usaha gak akan jualan. Jadi, kalau kamu lagi lewat ternyata jualannya tutup, berarti stok buahnya Cuma sedikit.


Untuk saat ini harga yang di bandrol sangat murah, hanya Rp. 9.000. Itupun kalau belum ada perubahan yach. 


Pokat kocok simpang glugur buka mulai pukul 14.00 Wib hingga pokat habis. Bisa saja sebelum magrib sudah habis. Jadi, buruan kalau kamu pengen nyobain.


6. Soto Medan Sinar Pagi
Ciri khas dari Soto Medan adalah terletak pada kuahnya yang berwarna kuning kehijau-hijauan, karena mengandung santan dan rempah. 


Dari warna kuahnya saja, mata sudah dibuat melirik, apa lagi saat disantap. Yang membedakan Soto Medan dengan soto lainnya adalah penggunaan jinten (jintan) pada bumbunya.



Soto RM Sinar Pagi.


Sejak tahun 1962, Soto Medan yang paling terkenal di Medan ada di Rumah Makan Sinar Pagi yang berada di Jalan Sei Deli No 2D, Silalas, Kecamatan Medan Barat Kota Medan.


Soto di sini memiliki cita rasa lezat dengan kuah santan kental dan kaya rempah yang disajikan bersama potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal yang disajikan cukup unik, semacam sambal kecap dengan taburan bawang goreng, dan dipastikan soto ini bisa membuat mulut kamu ketagihan. 


Jika kamu kurang menyukai soto bersantan, kamu bisa memesan soto ayam yang tak kalah nikmatnya.



Soto Medan.

Untuk harga saat ini, Soto Sinar Pagi dibandrol mulai Rp 25.000 per porsinya.


Bila kamu tertarik mengisi perut di rumah makan ini, harus bisa sabar mengantri atau datanglah pagi-pagi sekali. Kamu bisa juga menjadikan Soto Medan ini sebagai menu makan siang, karena rumah makan ini mulai buka pukul 08.00 - 15.00 Wib.


Jika kamu berkunjung ke Medan, Soto Medan juga memberikan penampilan dan rasa yang menggugah selera.

7. Kedai Kopi Apek
Bila mendengar nama Kedai Kopi Apek, tentunya sudah pasti familiar di telinga orang yang lahir dan besar di Medan.


Beroperasi sejak tahun 1923, Kedai Kopi Apek adalah salah satu kedai kopi legendaris di Medan. Selain itu, kedai kopi yang satu ini konon berhasil selamat dari Perang Dunia ke-2.



Kedai Kopi Apek.

Bisa kamu bayangin saja, seandainya Indonesia belum merdeka, pasti kita belum tentu bisa duduk santai sambil ngopi dan membahas kuliner.


Nilai historis dan value dari secangkir kopi tradisional ala kopitiam tua tidak bisa menggeser kopi kekinian yang modern.


Mayoritas para pelanggan yang datang ke Kedai Kopi Apek ini, wajahnya sudah familiar dan dikenali oleh staf dari Kedai Kopi tersebut.



Salah satu menu di Kedai Kopi Apek.


Pekerja Kedai Kopi Apek tetap ramah dan sigap membersihkan satu meja bundar kecil di dekat counter, dan memastikan para pelanggannya tetap nyaman.


Di antara para pelanggan yang setia kembali ke Kedai Kopi Apek, ada yang sudah datang sejak puluhan tahun lalu, bahkan ada yang sejak masih muda.


Saat berkunjung, kamu nggak akan nemuin daftar menu dalam bentuk tulisan atau booklet di sana, jadi satu-satunya cara adalah bertanya ke pekerja Kedai Kopi Apek.


Di Kedai Kopi Apek, kamu nggak diharuskan pesan makanan mereka, tapi minumnya sih wajib ya!



Pengunjung lagi menikmati sajian menu.

Kopi ditambah dengan susu atau es, sehingga rasanya tidak terlalu pahit dan tetap manis. Harganya saat ini mulai Rp 22.000 saja. Selain roti panggang, kamu juga bisa jajan aneka makanan di sekitar kedai ini.


Gak ada salahnya loh! Kamu mencoba keunikan dan rasa dari setiap menu yang disajikan di Kedai Kopi Apek yang berlokasi di Jalan Hindu No.110, Kesawan Kecamatan Medan Barat Kota Medan.


Kedai Kopi Apek ini buka mulai pukul 06.00 - 14.00 Wib. ngobrol singkat untuk kilas balik sejarah Kedai Kopi Apek ataupun sejarah Kota Medan sambil menyesap kopi akan terasa lebih bermakna. 

Nah, itulah 7 tempat kuliner legendaris di Medan yang enak dan menggiurkan. Selain nendang di lidah, sajian tersebut juga kaya akan resep Nusantara. 


Bagaimana, mana nih yang sudah kamu coba? Atau punya rekomendasi lain selain di atas?
Categories:
Similar Movies